Semua Desa Yogyakarta Berbasis Internet Mulai 2017

Yogyakarta – Pemerintah serta DPRD Wilayah Istimewa Yogyakarta yang bersepakat mengalokasikan anggaran untuk segera mulai membangun jaringan media online berbasis nirkabel ataupun fiber optik di semua desa di daerah itu mulai tahun 2017.

“Target pertama tahun depan 45 desa dahulu saya bangun jaringan infrastruktur dari internetnya dengan anggaran awal yang sekitar Rp 600 juta,” kata Ketua Sektor Layanan Technology serta Manajemen Dinas Komunikasi serta Informatika Yogyakarta Rony Primanto pada Tempo, Jumat 16 Desember 2016.

Anggaran sebesar itu untuk memberi dukungan penyediaan bandwidth sebesar 600 megabyte.
Adapun jumlah desa atau kelurahan di Yogyakarta yang telah tersebar di 4 kabupaten serta 1 kota ada 438.

Ronny berkata dari semua desa di Yogyakarta itu, baru ada sekitar 100 desa yang mempunyai sistem desa untuk memberi dukungan jalannya roda pemerintahan. “Yang paling maju ada desa di Kabupaten Gunungkidul, hampir semua desa telah mempunyai sistem ,” kata Rony.

Gunungkidul sendiri selama ini dikenal menjadi wilayah paling jauh dari pusat kota Yogyakarta serta angka kemiskinannya paling tinggi dan paling sering menjadi langganan bencana kekeringan.

Rony menambahkan, Pemerintahan DI Yogyakarta sengaja mengebut juga penyediaan jaringan nirkabel yang menyusul adanya program penyediaan 1 juta domain gratis yang sekarang digelontorkan Kementerian Komunikasi serta Informatika.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


    bmx

    bmx

    paket cctv 4 channel ahd

    4Camera HD1.3MP+-DVR+Kbl 80m Rp-3jt 4 IP Camera 2MP+NVR1080+KB80m 3.5jt