Ilmuwan Indonesia Bikin Satelit Radar Mikro Pertama di Dunia

Sebab itu, berdasarkan Josaphat, satelit dan juga sensor ini tepat sekali untuk pengamanan arus lalu lintas laut , penjagaan lintas antar batas negara, penjagaan nelayan yang ilegal, pemantauan kebakaran hutan, juga gunung meletus, pemeliharaan infrastrukture.

“Hingga prediksi pergeseran tanah akibat gempa dan juga tanah longsor,” jelas Josaphat, yang sudah pernah menjadi peneliti Tubuh Pengkajian dan juga Penerapan Technology (BPPT) selama 10 tahun.

Josaphat mengembangkan senssor satelit mikro CP-SAR ini semenjak 2007 untuk beragam keperluan pengamatan permukaan bumi, bulan, sampai planet Mars dan juga Venus. Selain di satelit mikro, katanya, sensor ini pun juga bisa dipasang di pesawat nirawak, pesawat, dan juga satelit besar. Dan kendaraan biasa untuk pengamatan permukaan tanah dan juga perubahannya.

Selama ini, Josaphat dan juga tim laboratoriumnya sudah memanfaatkan sensor CP-SAR untuk beberapa praktek penelitian. Di antaranya, penurunan tanah di Jakarta, tanah longsor, bencana kebakaran lahan gambut, dan juga impak sedimentasi terhadap reklamasi di Teluk Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


    nu amoorea

    nu amoorea

    jiyu acp

    jiyu acp

    klinik aborsi

    klinik aborsi